3 Ribu Dokter dan 20 Ribu Perawat sangat dibutuhkan Indonesia untuk mengatasi lonjakan Covid-19 - Mantik Berita

3 Ribu Dokter dan 20 Ribu Perawat sangat dibutuhkan Indonesia untuk mengatasi lonjakan Covid-19

 172 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Dalam upaya pemerintah Indonesia menambah kapasitas lapangan perawatan dan membuat rumah sakit pengembangan tidak sebanding dengan kebutuhan tenaga kesehatan yang tidak lagi mampu mengimbangi jumlah pasien Covid-19 yang harus ditangani.

Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengakui saat ini pemerintah membutuhkan 3 ribu dokter dan sekitar 20 ribu perawat menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Peningkatan kebutuhan ini juga terjadi lantaran adanya penambahan tempat tidur dan rumah sakit darurat.

“Kami sudah mengidentifikasi ada kebutuhan antara 16 sampai 20 ribu perawat,” jelas Budi dalam konferensi pers virtual pada Senin, (12/07/2021).

Diwaktu yang lain Ketua Timwas Penanggulangan Bencana Covid-19 DPR RI Gus Muhaimin menyarankan kepada pemerintah yang sangat bisa merekrut mahasiswa-mahasiswa semester tingkat akhir. Dari segi kemampuan, mereka sudah mulai bisa, tinggal dilatih khusus saja sebelum tindakan.

“Mereka (mahasiswa) harus dilatih terlebih dahulu sebelum diterjunkan ke lapangan. Semester akhir sudah mempunyai kemampuan dasar dalam menangani pasien,” tambah Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu, (06/07/2021).

Budi menanggapi dan mengaku sedang menyiapkan mahasiswa tahap akhir dan yang baru saja lulus kuliah untuk memenuhi kebutuhan perawat.

Melansir dari aa.com.tr, pemerintah sedang menyiapkan 3.900 mahasiswa kedokteran yang pada tahun ini menyelesaikan program magang untuk segera ikut terlibat membantu.

“Atas instruksi Bapak Presiden kami akan berkordinasi dengan Bapak Menteri Pendidikan bagaimana bisa menggerakkan perawat-perawat ini lebih cepat masuk ke praktik,” tambah Budi.

Menteri Kesehatan pun memastikan pemerintah akan terus memperhatikan kesehatan para tenaga kesehatan, perawat, dokter, hingga bidan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Untuk itu, pemerintah akan segera menambah perlindungan bagi tenaga kesehatan dengan melakukan vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna.

“Rencananya akan sesegera mungkin sesudah kami merampungkan diskusi dengan asosiasi dokter, perawat, bidan untuk melakukan vaksinasi ketiga dengan Moderna,” jelas dia.

Sebelumnya, akibat lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir membuat fasilitas kesehatan khususnya di Pulau Jawa mengalami krisis.

Pemerintah pun mengubah sejumlah fasilitas di antaranya asrama haji hingga rumah susun di wilayah Jakarta untuk menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

Namun ahli epidemiologi menilai upaya pemerintah menambah kapasitas dan membuat rumah sakit lapangan tidak sebanding dengan beban tenaga kesehatan yang sudah sangat tinggi dan tidak lagi bisa mengimbangi jumlah pasien yang harus ditangani.

Pada Senin, Indonesia mengumumkan 40.427 kasus baru Covid-19 yang merupakan catatan tertinggi selama pandemi Covid-19, dan ini menurut data yang dirilis Kementerian Kesehatan, total kasus menjadi 2.567.630.

Leave a Reply

Your email address will not be published.