5 Hacker paling berbahaya dan diwaspadai di dunia - Mantik Berita

5 Hacker paling berbahaya dan diwaspadai di dunia

 461 views (dibaca)

mantik.id – Hacker adalah tindakan mengidentifikasi dan mengeksploitasi kerentanan sistem dan jaringan untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem tersebut. Tidak semua hacker berbahaya.

Hacker topi putih dapat bekerja di keamanan jaringan dunia maya sebagai software security atau security system perangkat lunak yang mencari kerentanan untuk memperbaikinya.

Hacker Jahat (Topi Hitam), Hacker sekedar Iseng (Topi Abu-Abu), Hacker penjaga sistem, dan penolong (Topi Putih)

Hacker topi hitam beroperasi dengan niat jahat. Konon hacker ini ada yang dipakai oleh aktivis politik dan pebisnis besar serta untuk kepentingan pertahanan sebuah negara, namun peretas atau hacker tersebuta memakai kedua topi hitam dan putih.

Hacker merugikan perusahaan dan konsumen triliunan dolar setiap tahun. Menurut Majalah CPO, pada tahun 2021, serangan hacker akan menelan biaya total $6 triliun, naik dari kerugian $2 triliun yang dilaporkan pada tahun 2019. Sebagian besar kejahatan dunia maya berasal dari fitur internet yang selalu digunakan oleh masyarakat seluruh dunia sekarang ini. Sehingga hacker atau peretas paling amatir pun dapat dengan mudah menemukan semua alat yang mereka butuhkan secara online tanpa biaya.

Simbol sosok Hacker

Serangan hacker tidak terjadi dalam semalam. Butuh beberapa dekade kerja oleh peretas yang sekarang terkenal untuk menemukan kerentanan kritis dan mengungkapkan strategi yang membangun fondasi internet dan libertarianismenya yang bebas untuk semua. Berikut adalah sepuluh peretas paling terkenal sepanjang masa.

Pernah suatu ketika seperti yang dilansir dari laman republika, publik dihebohkan dengan penangkapan hacker di BBA awal Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta membobol website sebuah perusahaan di Amerika Serikat (AS). Menurut pengakuannya, BBA telah melakukan hacking selama 5 tahun dengan keuntungan Rp 31,5 miliar.

Bareskrim Polri Kombes Pol Rickynaldo Chairul Wakil Direktur Biro Cybercrime dibobol oleh seorang pria berusia 21 tahun yang mendistribusikan email dengan tautan ke korban, menyebabkan korban mengunduh ransomware Cryptolocker dari server. memimpinnya.

Akibatnya, server email perusahaan di San Antonio, Texas, AS, dienkripsi dan tidak dapat dibaca.

Namun perampokan BBA ini bukan pertama kali terjadi di dunia. Pasalnya, ada hacker yang ditakuti dunia dan dianggap membahayakan keamanan. Jadi siapa hacker paling berbahaya?

Seperti yang upload pada Rabu dua tahun yang lalu (17 Mei 2019) di channel Youtube Calon Sarjana, lima besar hacker paling berbahaya di dunia adalah:

1. Jonathan James

Pada usia lima belas tahun, James meretas untuk memodernisasi sebuah sekolah di Florida. Dia kemudian sempat membobol website Pentagon dan bahkan software NASA senilai $25 miliar. Perangkat lunak yang dia gunakan untuk mengontrol satelit di seluruh dunia.

Setelah proses, dia harus bersiap untuk ditangkap oleh polisi setempat dan menjadi tahanan rumah selama enam bulan. Setelah dibebaskan, dia dilarang menggunakan komputer sampai dia berusia 18 tahun. Sayangnya, pada 18 Mei 2008, dia bunuh diri karena merasa terus-menerus dilacak dan diawasi oleh pemerintah AS.

2. Edward Majerczyk

Dunia dihebohkan dengan bocornya foto bugil artis internasional di Gres. Ternyata itulah yang dilakukan Edwards. Salah satu foto yang paling banyak dibicarakan saat itu adalah foto Jennifer Lawrence. Atas permintaan polisi, dia mengatakan bahwa dia menggunakan foto-foto dalam koleksi pribadinya. Namun karena semangatnya, ia rela mendekam di penjara selama sembilan bulan.

3. Gary McKinnon

Peretas Inggris adalah peretas paling berbahaya. Pasalnya, ia mampu membobol 97 sistem militer dan pertahanan AS dalam waktu singkat, 13 bulan. Tak hanya itu, ia meretas komputer Pentagon dan NASA serta mengunci 2.000 komputer di sebuah perusahaan ternama.

4. Anonymous

Anonymous adalah kelompok hacker yang didirikan pada tahun 2003 yang menampilkan penggunaan topeng. Anonimitas menentang sensor pemerintah. Selain itu, ia juga menolak batas internet yang diatur pemerintah. Anehnya, Majalah Times menobatkan peretas ini sebagai orang paling berpengaruh di dunia atas aksinya melawan aksi kelompok teroris ISIS.

5. Jim Geobedick

Berasal dari Indonesia, hacker ini menjadi terkenal karena meretas dan mengubah arah dua satelit Indonesia dan satu satelit China. Dia melakukannya karena dia ingin melihat kekurangan satelit. Dia telah diakui dunia bahwa dia dapat mengendalikan jaringan internet Indonesia dan mengubah semua transaksi keuangan. Tapi dia enggan melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.