Akhirnya pemerintah batal terapkan PPKM Level 3 saat Nataru - Mantik Berita

Akhirnya pemerintah batal terapkan PPKM Level 3 saat Nataru

 160 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Pemerintah resmi batal terapkan PPKM Level 3 secara serentak saat Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM Level 3 pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) secara serentak di semua wilayah.

Penerapan PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan.

Seperti dilansir laman kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah Indonesia dalam rangka menjelang momen Natal dan tahun baru.

Sebelumnya, pemerintah bakal memberlakukan PPKM level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 pada periode Natal dan tahun baru terhadap semua wilayah,” ujar Luhut, dilansir dari siaran pers di laman resmi Kemenko Marves, Selasa (7/12/2021).

Pemerintah tetap akan memperketat sejumlah aturan. Misalnya, larangan perayaan tahun baru di semua tempat keramaian. Ini sebagai ganti pembatalan PPKM level 3,

“Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri. Namun kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan,” kata luhut dalam keterangan pers tertulis, Senin (6/12/2021).

Beberapa kegiatan masyarakat yang dibatasi nantinya pengunjung mal, pusat perbelanjaan umum, restoran, dan pusat keramaian liburan lainnya maksimal 75 persen. Acara sosial budaya dibatasi maksimal 50 persen peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.