Alasan PKS Satu-satunya Partai yang Menolak RUU Ibu Kota Negara (IKN) - Mantik Berita

Alasan PKS Satu-satunya Partai yang Menolak RUU Ibu Kota Negara (IKN)

 142 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) satu-satunya partai yang menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU) IKN menjadi UU dalam Rapat Paripurna DPR pada Selasa lalu (18/1/2022).

Alasan Fraksi PKS menolak RUU IKN adalah soal skema pembiayaan, PKS menilai pembiayaan IKN berpotensi membebani APBN ditengah pandemi meskipun Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengatakan bahwa pembiayaan IKN akan diambil dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Anggota Pansus RUU IKN dari Fraksi PKS H. Ecky Awal Mucharam mengatakan diawal ketika diwacanakan pembiayaan ditargetkan kurang lebih kebutuhan 466 trilyun dan pemerintah menjanjikan 19,2% itu adalah APBN dan sisanya adalah KPBU atau swasta non APBN.

Menurut Ecky faktanya sekarang porsinya sudah berubah APBN menjadi 54,6% atau 252,5 trilyun, kemudian yang lainnya baru KPBU.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid: Jurnalis Senior Edy Mulyadi Bukan Kader PKS – Mantik Berita

Yang menarik menurut Ecky adalah pertama situasi sekarang adanya ketidakpastian terkait dengan selesainya Covid-19, jumlah adanya ketidakpastian kedua sebenarnya situasi ekonomi, atertensi dua ketidakpastian ini selalu didengung-dengungkan oleh pemerintah sehingga menjadi uwernes dari pemerintah dan kita semua.

“Jadi faktanya adalah sesuai dengan Perpu 1 no. 2020 dan UU yang diundangkan menjadi nomor 2 2020, APBN kita itu menjadi instrumen fiskal didalam penanganan Covid-19 dan pemulihan nasional. Di dalam KEM PPKF Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijkan Fiskal di tahun 2022 sama sekali tidak membicarakan IKN, jadi aneh sekali kalau program ekonomi nasional digunakan untuk IKN.” kata Ecky kepada wartawan dalam wawancara stasiun TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published.