Dari Bisnis Batu Bara 7 Pengusaha Menjadi Orang Terkaya di Indonesia - Mantik Berita

Dari Bisnis Batu Bara 7 Pengusaha Menjadi Orang Terkaya di Indonesia

 192 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Pemerintah memutuskan untuk menyetop sementara ekspor batu bara. Larangan ekspor itu berlangsung dari 1 Januari sampai 31 Januari 2022, guna menjamin ketersediaan komoditas tersebut untuk pembangkit listrik dalam negeri.

Langkah ini dilakukan guna menjamin terpenuhinya pasokan batubara untuk kebutuhan pembangkit listrik. Kurangnya pasokan ini akan berdampak kepada lebih dari 10 juta pelanggan PT PLN (Persero), mulai dari masyarakat umum hingga industri, di wilayah Jawa, Madura, Bali (Jamali) dan non-Jamali.

Sumber daya pertambangan batu bara memang sangat berlimpah di Indonesia, ini menjadikan Indonesia termasuk negara pengekspor batu bara terbesar di dunia.

Tingginya konsumsi dan permintaan batu bara di dunia tentu mendatangkan keuntungan bagi para pelaku bisnis perusahaan tambang batu bara di Indonesia.

Pelaku bisnis Batu Bara banyak yang tercatat menjadi orang terkaya di Indonesia. Bisa dilihat dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis majalah Forbes tahun 2021 lalu.

Orang terkaya versi majalah Forbes itu pemilik atau pelaku bisnis perusahaan tambang batu bara, dan menjadikan Indonesia merupakan negara pengekspor batu bara terbesar dunia setelah Australia. Sangat beralasan mereka menjadi orang terkaya di Indonesia. Siapakah mereka?

Dilansir dari laman kompas.com (8/1/2022), berikut ini 7 orang terkaya di Indonesia karena bisnis batu bara:

  1. Theodore Rachmat
    Theodore Permadi Rachmat adalah salah satu orang terkaya di Indonesia karena bisnis batu bara.

    Bahkan, pria yang akrab disapa Teddy ini adalah pengusaha yang terbilang senior di industri tambang batu bara.

    Selepas menjadi CEO Astra International, Teddy mendirikan perusahaan bernama Triputra Group yang memiliki bisnis batu bara lewat anak perusahaannya, Padang Karunia Group.

    Perusahaan yang berdiri pada tahun 2002 itu banyak beroperasi di wilayah Kalimantan Selatan. Kapasitas produksinya bahkan disebut telah mencapai 15 juta ton per tahun.

    Pengusaha berusia 78 tahun ini menempati urutan 15 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.
    Jumlah kekayaan bersihnya mencapai 3,1 miliar dollar AS atau sekira Rp44,41 triliun (kurs Rp14.326).
  1. Garibaldi Thohir
    Garibaldi Thohir adalah kakak dari Menteri BUMN, Erick Thohir.

    Kepemilikan saham di PT Adaro Energy menjadi salah satu sumber terbesar kekayaannya.

    Adaro adalah perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia saat ini.

    Total kekayaannya tercatat sebesar 2,6 miliar dollar AS atau sekira Rp37,24 triliun.
  1. Low Tuck Kwong Low
    Tuck Kwong adalah pemilik salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia, Bayan Resources.

    Lahan tambang yang dikuasai perusahaan tersebut tersebar di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

    Low Tuck Kwong menempati posisi 18 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan jumlah kekayaan sebesar 2,5 miliar dollar AS atau setara Rp35,81 triliun.
  1. Peter Sondakh
    Peter Sondakh juga masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia karena bisnis batu bara.

    Salah satu sumber kekayaannya berasal dari Rajawali Corpora yang telah berdiri sejak 1984.

    Dilansir dari laman resmi Rajawali Corpora, terdapat 3 perusahaan pertambangan besar yang dimiliki oleh Rajawali Corpora, yakni Archi Group, Golden Eagle Energy, dan Indo Mines Ltd.

    PT Golden Eagle Energy Tbk mengelola bisnis tambang batu bara di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

    Perusahaan ini disebut menguasai cadangan batu bara sebesar 730 juta ton di Pulau Kalimantan dan Sumatera, sedangkan kapasitas produksinya mencapai 2,5 juta ton per tahun.

    Peter Sondakh menempati urutan 20 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan jumlah kekayaan bersih sebesar 2 miliar dollar AS atau setara Rp28,65 triliun.
  1. Kiki Barki
    Kiki Barki adalah pemilik perusahaan tambang batu bara bernama PT Harum Energi Tbk (HRUM) yang didirikan pada tahun 1995.

    Kiki Barki menduduki peringkat 27 dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar 1,6 miliar dollar AS atau sekira Rp22,92 triliun.
  1. Erwin Soeryadjaya
    Edwin Soeryadjaya adalah pendiri perusahaan investasi Saratoga Capital, yang dibesarkannya bersama Sandiaga Uno dan kini berganti nama menjadi Saratoga Investama.

    Saat ini, Edwin Soeryadjaya menjadi komisaris utama perusahaan tambang batu bara besar, Adaro Energy Tbk. Pria berusia 72 tahun ini berada di urutan 29 dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai 1,51 miliar dollar AS atau setara Rp21,63 triliun.
  1. Arini Saraswaty Subianto
    Arini Saraswaty Subianto adalah bos dari Persada Capital Investama yang bergerak di sektor perkebunan sawit, investasi, pertambangan batu bara, dan pengolahan kayu.

    Persada Capital juga tercatat sebagai salah satu pemegang saham Adaro, perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia.

    Arini menempati urutan 44 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Harta kekayaannya mencapai 975 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.