Demo Mahasiswa Memberikan Angin Segar Kepastian Pemilu 2024 - Mantik Berita

Demo Mahasiswa Memberikan Angin Segar Kepastian Pemilu 2024

 1,355 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) tiba-tiba memindahkan titik lokasi unjuk rasa 11 April 2022. Demo mahasiswa yang semula bakal dilakukan di kawasan Istana Negara namun lokasi demo berubah dipindah ke Gedung DPR RI Senayan Jakarta.

Perubahan lokasi itu disampaikan sesaat setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan angin segar dengan menegaskan bahwa Pemilu 2024 akan tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah disepakati pemerintah dan DPR yakni, 14 Februari. Jokowi pun tak mau ada spekulasi bahwa ada upaya pemerintah untuk menunda Pemilu atau perpanjangan masa jabatan menjadi 3 periode.

Perubahan lokasi ini sontak menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, demo sedari awal direncanakan dilakukan di kawasan Istana Negara.

“Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia akan menggelar aksi untuk yang kedua kalinya yang saat ini bertempat di Rumah Rakyat atau Gedung DPR RI, dengan tujuan untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait berbagai permasalahan yang ada,” tulis BEM SI dalam keterangan tertulis kepada wartawan. Siaran pers itu telah dikonfirmasi kepada Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal kepada wartawan, Minggu (10/4).

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa Pemilu 2024 akan tetap dilakukan sesuai jadwal yakni, 14 Februari. Jokowi meminta para menteri untuk menyampaikan penyelenggaraan pemilu tersebut kepada masyarakat.

“Saya kira sudah jelas, semua sudah tau bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan,” tutur Jokowi dalam rapat terbatas.

Hal ini agar tak muncul isu dan spekulasi bahwa pemerintah berupaya menunda Pemilu. Jokowi juga tak mau ada spekulasi beredar di masyarakat terkait adanya upaya untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

“Jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi perpanjangan masa jabatan presiden juga yang berkaitan dengan 3 periode,” jelas Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.