Ferdinand Hutahaean Resmi Ditahan di Rutan Mabes Polri - Mantik Berita

Ferdinand Hutahaean Resmi Ditahan di Rutan Mabes Polri

 130 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Berdasarkan hasil gelar pekara yang dilakukan oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Mabes Polri pada Senin (10/1/22) malam. Mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas kasus ujaran kebencian yang mengandung SARA.

Diputuskan ada dua alat bukti awal untuk meningkatkan status Ferdinand dari saksi menjadi tersangka, dan dalam kasus Ferdinand ini, penyidik juga telah memeriksa 17 saksi fakta dan 21 saksi ahli serta keterangan dari para saksi yang terkait dengan barang bukti.

Usai pemeriksaan selama 12 jam, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, di kantornya mengatakan Ferdinand Hutahaean dijebloskan ke tahanan tahap pertama, selama 20 hari sejak Senin (10/1/22)

“Tim penyidik Ditsiber telah mendapatkan 2 alat bukti sehingga menaikkan status saudara FH dari saksi menjadi tersangka,” kata Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri.

“Alasan penahanan yang dilakukan penyidik antara lain dikhawatirkan yang bersangkutan melarikan diri, dikhawatirkan yang bersangkutan mengulangi perbuatan lagi, dan dikhawatirkan menghilangkan barang bukti,” jelas Ahmad Ramadhan.

Ferdinand  Hutahaean ditersangkakan melanggar Pasalnya 14 ayat 1 dan 2 peraturan hukum pidana Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 kemudian, Pasal 45 ayat (2) jungl Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Ancamannya secara keseluruhan 10 tahun,” kata Ahmad Ramadhan.

Sebelum ditahan, tersangka mengaku sakit, Ahmad Ramadhan berkata dokter telah memeriksa kondisi kesehatan yang bersangkutan. Hasilnya, dokter menyatakan Ferdinand bisa ditahan.

Ferdinand datang ke Mabes Polri sekitar pukul 10.30 WIB, dengan didampingi oleh tiga orang pengacara. Hingga malam pukul 23.00 WIB, Ferdinand belum juga terlihat keluar dari Gedung Mabes Polri. Sampai akhirnya Mabes Polri menggelar konferensi pers perkara penahanan Ferdinand.

Leave a Reply

Your email address will not be published.