Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan untuk Keluarga Sehat

Gaya hidup ramah lingkungan ternyata tidak hanya bermanfaat bagi alam, lho, Bun, tetapi juga membawa manfaat bagi keluarga Bunda. Kebiasaan-kebiasaan ramah lingkungan yang dilakukan secara konsisten bisa membuat keluarga lebih sehat dan bahagia.

Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan bukan berarti Bunda harus mengganti barang-barang yang biasa digunakan dengan barang-barang berlabel ‘eco-friendly’, ya, Bun. Gaya hidup ramah lingkungan bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan bersama keluarga di rumah.

Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan untuk Keluarga Sehat

Berikut adalah beberapa tips gaya hidup ramah lingkungan yang bisa Bunda terapkan bersama keluarga di rumah:

1. Ajak anak bermain di luar rumah

Selain menyenangkan, bermain di luar ruangan merupakan salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk memberi pengertian kepada Si Kecil mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam.

Nahuntuk melakukannya, Bunda bisa membiasakan ia bermain di taman perumahan atau mengajaknya memetik buah dan sayur langsung di perkebunan.

Kemudian, sambil melakukan kegiatan di luar ruangan bersama Si Kecil, Bunda bisa memberi pemahaman mengenai cara menjaga alam, misalnya dengan memberi tahu pentingnya menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan.

Namun ingat, bila Bunda ingin membawa anak bermain di luar ruangan saat pandemi COVID-19 seperti ini, Bunda perlu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya, Bun.

2. Gunakan produk ramah lingkungan

Menggunakan berbagai produk rumah tangga yang ramah lingkungan juga bisa Bunda terapkan sebagai salah satu cara untuk menjaga lingkungan bersama keluarga. Saat mencuci misalnya, Bunda bisa memilih detergen tanpa pewangi atau detergen dengan lebih sedikit busa yang menghasilkan lebih sedikit limbah bahan kimia.

Selain itu, Bunda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, seperti cuka apel, perasan jeruk atau lemon, dan baking soda, untuk dijadikan cairan pembersih rumah.

3. Terapkan sistem 3R

3R adalah singkatan dari reuse (menggunakan kembali), reduce (mengurangi pemakaian)dan recycle (mendaur ulang). Sistem 3R ini merupakan cara yang sangat baik untuk menangani dan mengelola sampah, lho, Bun.

Salah satu contohnya adalah menyimpan berbagai perlengkapan Si Kakak, seperti mainan, buku, dan pakaiannya, untuk digunakan kembali oleh Si Adik di kemudian hari.

Selain itu, Bunda bisa membiasakan anak untuk membawa botol minum, tempat makan, dan kantung belanja sendiri saat berpergian ke luar rumah. Hal-hal ini dapat membantu mengurangi dan menghindari pemakaian plastik sekali pakai.

4. Hindari membakar sampah sembarangan

Menghindari membakar sampah sembarangan juga penting untuk diingat dan dilakukan. Pasalnya, asap hasil bakaran sampah mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa membawa dampak buruk, baik bagi lingkungan maupun kesehatan Bunda dan keluarga.

Bagi lingkungan, hal ini tentu bisa menyebabkan polusi udara. Sementara bagi kesehatan, ini bisa meningkatkan risiko tubuh mengalami berbagai penyakit, seperti kanker.

Nah, setelah mengetahui berbagai tips gaya hidup ramah lingkungan seperti di atas, Bunda bisa segera mencobanya bersama keluarga. Ingat juga untuk melakukannya dengan konsisten, agar gaya hidup tersebut menjadi kebiasaan.

Apabila Bunda masih memiliki pertanyaan terkait gaya hidup ramah lingkungan demi keluarga yang lebih sehat, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter.

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2021 Ditinjau oleh: dr. Rizki Tamin (alodokter.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: