Gelombang Ekstrim Hantam Puluhan Rumah Warga di Kota Sorong, 194 Jiwa Mengungsi - Mantik Berita

Gelombang Ekstrim Hantam Puluhan Rumah Warga di Kota Sorong, 194 Jiwa Mengungsi

 140 views (dibaca)

mantik.id, Sorong– Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong, Herlin Sasabone, mengatakan sebanyak 194 jiwa dari 25 kepala keluarga di Kelurahan Klaligi Distrik Manoi, Kota Sorong terkena dampak gelombang tinggi dan angin kencang melanda kawan tersebut, pada Selasa (22/2/2022).

Menurutnya, ada 18 rumah panggung milik warga di pesisir pantai mengalami kerusakan berat akibat dihantam gelombang.

Sementara berdasarkan laporan dari pulau Doom distrik Sorong Kepulauan terdapat lima rumah warga mengalami kerusakan.

Dikatakannya, akibat dari tinggi gelombang laut yang menghantam rumah warga di dua lokasi tersebut, tidak mengakibatkan adanya korban jiwa.

“Yang dilaporkan hanya 25 kepala keluarga dengan 194 jiwa harus mengungsi karena rumahnya terdampak gelombang tinggi tersebut,” ujar Sasabone.

“Namun berdasarkan laporan sementara ada lima rumah mengalami kerusakan akibat gelombang tinggi di Pulau Doom Distrik Sorong kepulauan,” terangnya.

Masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan akibat dihantam gelombang tinggi di wilayah distrik Klaligi dan distrik Sorong Kepulauan kota Sorong dihimbau untuk melapor ke Kelurahan setempat agar segera didata.

“Kami menghimbau kepada masyarakat di wilayah pesisir distrik Klaligi dan distrik Sorong Kepulauan yang rumahnya terdampak gelombang tinggi, segera melapor di Kelurahan masing-masing untuk didata. Kami juga minta agar tetap waspada mengantisipasi gelombang tinggi susulan serta siap melakukan evakuasi ke daerah aman,” pintanya.

Sampai berita ini ditayangkan, BMKG Stasiun Sorong masih mengupdate Peringatan Dini Cuaca Papua Barat, tanggal 22 Februari 2022, pukul 19:25 WIT, masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pukul. 20:00 WIT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.