Google Doodles hari ini 08 November 2021 menampilkan Roehana Koeddoes, siapa dia? - Mantik Berita

Google Doodles hari ini 08 November 2021 menampilkan Roehana Koeddoes, siapa dia?

 178 views (dibaca)

mantik.id – Roehana Koeddoes wanita yang hidup pada zaman yang sama dengan Kartini, di mana akses perempuan untuk mendapat pendidikan yang layak sangat dibatasi. ia lahir di Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto, Sumbar pada 20 Desember 1884 dan meninggal di Jakarta pada 17 Agustus 1972 pada usia 87 tahun.

Ia wartawan perempuan dan pendiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia. Roehana turut membantu pergerakan politik dan perjuangan ketika Belanda meningkatkan luas penjajahannya terhadap kaum pribumi, ia berjuang dengan tulisannya yang membakar semangat juang para pemuda.

Kiprahnya di dunia jurnalistik dimulai dari surat kabar Poetri Hindia pada 1908 di Batavia yang dianggap sebagai koran perempuan pertama di Indonesia.
Roehana pun mempelopori berdirinya dapur umum dan badan sosial untuk membantu para gerilyawan.

Roehana Koeddoes yang kini dikenal sebagai pahlawan nasional, diberi penganugerahan gelar di Istana Negara pada Jumat, 08 November 2021 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penganugerahan gelar pahlawan nasional bagi Roehana Koeddoes sendiri diputuskan antara Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Presiden.

Roehana Koeddoes pernah dua kali diusulkan Pemprov Sumbar sebagai pahlawan nasional dari provinsi itu dan terakhir diusulkan pada 2018, meski sudah memenuhi syarat namun belum beruntung ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

“Keinginanku sebenarnya bukanlah sekadar meminta ruangan kaum ibu dalam surat kabar Oetoesan Melajoe yang Bapak pimpin, tetapi… pernerbitan yang istimewa untuk kaum perempuan…saya akan usahakan penulis-penulis perempuan lainnya, supaya benar-benar surat kabar itu merupakan suara kaum perempuan.”-Roehana Koeddoes

Kutipan kalimat dari percakapan Rohana Koeddoes dengan Soetan Maharaja tersebut mengantarkan Rohana menjadi jurnalis dan pendiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.