Gubernur Maluku Membawa Tanah dan Air dari Hila – Kaitetu ke IKN, Ini Kata Sekda - Mantik Berita

Gubernur Maluku Membawa Tanah dan Air dari Hila – Kaitetu ke IKN, Ini Kata Sekda

 22,131 views (dibaca)

mantik.id, AMBON – Sebanyak 33 Gubernur di Indonesia membawa tanah dan air ke titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin, (14/03/2022), hari ini.

Gubernur Maluku, Murad İsmail, membawa air dan tanah dari Negeri Hila – Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah untuk ditaruh di IKN Nusantara.

Pilihan membawa tanah dari Negeri Hila – Kaitetu ke IKN Nusantara, kata Penjabat Sekda Maluku, Sadli le, karena melambangkan toleransi beragama.

“Ini dikarenakan di negeri Hila – Kaitetu tersebut terbangun Gereja Tua Imanuel, Masjid Tua Wapauwe dan Benteng Amsterdam,” ujar Sadli le, saat dikonfirmasi wartawan media ini, Minggu (13/03/2022).

Ditambahkan pemilihan lokasi pengambilan sampel air dan tanah dari Negeri Hila-Kaitetu juga berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama instansi terkait.

“Kita sepakat ambil air dan tanah dari Negeri Hila-Kaitetu untuk menggambarkan toleransi antar umat beragama di Maluku yang telah dibangun sejak dulu,” tandas
Sadli le.

Air dan tanah yang dibawah ke IKN Nusantara tersebut, kata Sadli le, untuk air telah dikemas dalam wadah kalabasa dan tanah dikemas dalam kamboti. (kamboti adalah suatu wadah yang terbuat dari daun kelapa).

Selain itu pula, kata Sadli, ada anakan cengkih dan pala yang dibawa untuk ditanam di titik nol IKN Nusantara, namun yang ditanam hanya cengkih. (M-003)

Leave a Reply

Your email address will not be published.