HUT ke-25 Kota Bekasi, Sambutan Plt Wali Kota Tri Adhianto Bicara Soal Begini - Mantik Berita

HUT ke-25 Kota Bekasi, Sambutan Plt Wali Kota Tri Adhianto Bicara Soal Begini

 152 views (dibaca)

mantik.id, Bekasi – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto bersama pejabat eksekutif, legislatif serta ormas, LSM, OKP di Kota Bekasi mengikuti upacara perayaan HUT ke-25 Kota Bekasi di Alun-Alun M. Hasibuan, Kota Bekasi, Kamis (10/3). Dalam sambutannya Tri Adhianto bicara soal kebangkitan sektor ekonomi dan kesehatan di masa pandemi COVID-19.

“Bekasi mampu mengendalikan situasi perekonomian terdampak pandemi COVID-19 di mana diperoleh pendapatan asli daerah (PAD) yang semula mengalami penurunan pada tahun 2020 sebesar -16,1%, namun pada tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 24,9%,” ujar Tri Adhianto, Kamis (10/3/2022).

Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto juga berharap di HUT ke-25 Kota Bekasi apa yang menjadi amanah di dalam Rencana Kerja (Renja) akan diselesaikan, ada 26 indikator yang akan diselesaikan dalam sisa 17 bulan yang akan datang.

Tri Adhianto mengatakan PAD tetap mampu memberikan kontribusi pendapatan daerah Pemkot Bekasi sebesar 44,99%. Pencapaian tersebut tidak lepas dari koordinasi bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dalam memelihara keseimbangan dalam pengendalian COVID-19, interaksi sosial, dan ekonomi.

Tri Adhianto juga menyinggung soal pemenuhan infrastruktur publik yang tertunda selama 3 tahun terakhir. Tri berharap pemenuhan tersebut bisa menjadi dampak perluasan kesempatan berusaha dan bekerja bagi warga Kota Bekasi.

Dalam Integrasi Jaminan Kesehatan Tri pun merencanakan selama 2022 Kota Bekasi mampu mengintegrasikannya. Ia berharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) bekerja sama untuk mencapai hal tersebut.

“Mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah, kesehatan masyarakat tahun 2022 ke Program Jaminan Kesehatan Nasional, sebagai langkah capaian universal health coverage 96 persen di Kota Bekasi. Oleh karena itu, saya harapkan semua para OPD yang terintegrasi percepatan capaian ini,” ucapnya.

Dalam target vaksinasi Tri menargetkan vaksinasi lansia di bulan Maret dapat mencapai 70%.

“Vaksinasi lansia berdasarkan faskes pertanggal 6 Maret 2022 dosis pertama adalah 65 persen, dosis kedua 56 persen, dosis ketiga 21 persen. Kita harapkan sampai akhir bulan kita mampu bisa di atas 70 persen,” ucapnya.Lebih lanjut, kata dia, yang lebih penting mengajak rasa memiliki dari seluruh warga masyarakat Kota Bekasi. Untuk kemudian terus bersama-sama dengan pemerintah membangun Kota Bekasi.

“Jadi artinya bahwa ruang publik akan kita tingkatkan. Infrastruktur akan kita perbaiki. Begitu juga denga layanan kesehatan akan kita tingkatkan,” ucapnya

Tri mengakui, bahwa ada target, bagaimana mengintegrasikan Layanan Kesehatan Masyarakat (LKM) menjadi layanan BPJS Kesehatan. Sehingga layanan UHS (Universal Health Coverage) Kota Bekasi 96 persen bisa tercapai.

“Saya harap kedepannya Kota Bekasi semakin keren,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.