Indonesia dan China sepakat menggunakan Yuan dan Rupiah untuk Transaksi Bilateral - Mantik Berita

Indonesia dan China sepakat menggunakan Yuan dan Rupiah untuk Transaksi Bilateral

 130 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Kesepakatan dalam penggunaan mata uang rupiah dan yuan merupakan bagian dari implementasi kerjasama yang ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo dengan Gubernur People’s Bank of China (PBC), Yi Gang pada 30 September 2020 lalu.

Selain dengan China, BI juga telah memiliki kerangka kerja sama LCS dengan beberapa negara mitra lainnya, yaitu Jepang, Malaysia, dan Thailand. Kerja sama ini merupakan bagian dari implementasi upaya berkelanjutan oleh Bank Indonesia untuk mendorong pemakaian mata uang lokal yang lebih luas.

Dalam keterangannya BI seperti dikutip dari finansial.bisnis.com. mengatakan, implementasi kerjasama tersebut bagian dari upaya Bank Indonesia untuk mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dengan berbagai negara mitra.

“Perluasan penggunaan LCS ini diharapkan dapat mendukung stabilitas rupiah melalui dampaknya terhadap pengurangan ketergantungan pada mata uang tertentu di pasar valuta asing domestik,” tulisnya

Keuntungan yang didapat dari penggunaan mata uang lokal atau LCS dinilai memiliki banyak manfaat kepada para pelaku usaha.

Adapun keuntungan yang dimaksud di antaranya adalah biaya konversi transaksi dalam valuta asing yang lebih efisien, tersedianya alternatif pembiayaan perdagangan dan investasi langsung dalam mata uang lokal, tersedianya alternatif instrumen lindung nilai dalam mata uang lokal, dan diversifikasi eksposur mata uang yang digunakan dalam penyelesaian transaksi luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.