Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat meski Mobilitas Warga Selama PPKM Darurat Turun - Mantik Berita

Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat meski Mobilitas Warga Selama PPKM Darurat Turun

 118 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Prof Wiku Adisasmito  juru bicara pemerintah untuk percepatan penanganan Corona (COVID-19) mengatakan mobilitas warga selama PPKM darurat telah turun. Namun, kasus COVID-19 belum turun dan masih ada penularan-penularan yang terus meningkat di tingkat komunitas-komunitas.

“Dengan adanya PPKM darurat dan diperketat, mobilitas masyarakat sudah turun, kasus Covid-19 malah terus meningkat. Artinya, penularan ada di tingkat komunitas,” jelas Wiku Adisasmito saat konferensi pers online disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (17/7/2021).

Menurut Wiku, pengetatan masih perlu terus dilakukan apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, dan berlaku mulai 18-25 Juli. Diharapkan penularan di komunitas bisa mengalami penurunan.

“Pengetatan di Hari Raya Idul Adha ini untuk mencegah munculnya klaster keluarga,” kata dia lagi.

Di sisi lain berhubungan dengan transportasi Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan penurunan mobilitas masyarakat signifikan di seluruh moda transportasi dibandingkan dengan sebelum PPKM.

“Mobilitas via angkutan udara turun hingga 70 persen, sementara itu, pengguna transportasi darat dan laut sama-sama turun 40 persen.” ungkap Adita.

Wiku berharap dengan adanya aturan terkait pembatasan selama Idul Adha ini ditambah aturan PPKM darurat yang telah berlaku sejak 3 Juli, maka kasus COVID-19 bisa turun. Wiku mengingatkan untuk disiplin hingga tingkat RT/RW Kelurahan/desa sama-sama berperan melakukan pencegahan.

“Harusnya kalau dengan dua ini kita berhasil, kasusnya bisa turun, untuk itu kami mohon kepada seluruh warga terutama di RT/RW kelurahan/desa untuk betul-betul ikut partisipasi di dalam posko PPKM mikro dan memastikan peran-peran untuk melakukan pencegahan, penanganan kalau ada yang sakit, dan pastikan semua disiplin untuk mentaati prokes. Jadi tidak hanya sekedar menggunakan tapi betul-betul menggunakannya dengan baik dan benar, sehingga yang lain terlindungi,” ujar Wiku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.