Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Membuka Muscab 11 DPC Maluku Secara Virtual - Mantik Berita

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Membuka Muscab 11 DPC Maluku Secara Virtual

 17,080 views (dibaca)

mantik.id, AMBON – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak seluruh kader dan simpatisan partai tersebut di provinsi Maluku untuk merapatkan barisan, memperkuat konsolidasi dan rekonsiliasi untuk memenangkan Pemilu tahun 2024.

“Mari berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak di tahun 2024,” kata AHY saat membuka Musyawarah cabang (Muscab) serentak 11 Dewan Pimpinan Cabang (DPC), secara virtual, Rabu,(23/2/22).

Muscab yang berlangsung di Ambon dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat itu, menurut AHY, menjadi momentum penting bagi untuk menata kembali otot-otot politik guna mengembalikan kejayaan Partai Demokrat ke depan.

Keberadaan DPC, ujarnya, menjadi salah satu jangkar kekuatan yang harus terus dijaga dan ditingkatkan perannya.

Karena itu muscab Partai Demokrat itu dianggap penting untuk mengkonsolidasikan kekuatan organisasi, membangun solidaritas dan kekuatan struktur partai menuju kejayaan di masa depan.

AHY mengingatkan para pimpinan Anak cabang agar menggunakan hak suaranya di muscab tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Berdasarkan AD/ART tahun 2020, Ketua DPC akan dipilih dan ditetapkan melalui prosedur uji kelayakan dan kepatutan terhadap Ketua DPC ditangani langsung oleh Tim Lima yang terdiri dari Ketua Umum, Sekjen Kepala BPOKK serta Ketua dan Sekretaris DPD masing-masing provinsi.

“Kita akan memilih yang terbaik untuk masing-masing DPC. Dinamika dan riak-riak menjelang Muscab adalah biasa sebagai tanda demokrasi dan kebebasan berpendapat hidup di partai kita, tetapi begitu Ketua DPC baru terpilih, segera rapatkan barisan, rangkul semua elemen agar terlibat dalam gerak roda pemenangan secara selaras, insya Allah hasil tidak akan menghianati perjuangan kita,” ujar AHY.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Maluku, Elwen Roy Pattiasina mengatakan, Partai Demokrat Maluku telah memiliki kesiapan dalam menjemput momentum politik lima tahunan guna mengembalikan kejayaan yang pernah diemban di periode 2009 lalu.

“Kita akan kembalikan kejayaan kita di 2009 lalu, kita pernah merebut tujuh kursi, dan kita akan berusaha untuk merebut tujuh kursi ini kembali di 2024,”

Dirinya akan berusaha agar Demokrat kembali tercatat dalam sejarah menjadi pimpinan di DPRD Provinsi Maluku. “Dan kami yakin akan mendapat 1 fraksi di DPRD Maluku,” ucapnya.

Selain itu, Roy menyebut, mereka sudah menyiapkan figur untuk perhelatan Pilwalkot Ambon nanti, dan pastinya figur yang disiapkan, kata dia, adalah kader partai yang sudah teruji dan menonjol.

“Sudah, nanti akan saya munculkan pada saat kita sudah selesai konsolidasi, jadi 2022 ini adalah saya menyusun semua kepungurusan dalam struktural mulai dari DPC sampai anak ranting, kemudian 2023 saya akan melakukan konsolidasi partai ke seluruh pelosok Maluku dan 2024 kita pastikan akan mencapai hasil maksimal di Provinsi Maluku,” jelas Roy.

Tidak hanya itu, Roy juga menyampaikan 2024 nanti, Partai Demokrat dipastikan akan memenangkan Pilkada di Maluku.

“Untuk kepala daerah ada beberapa kabupaten/kota yang kita sudah siapkan, tapi saat ini saya belum mau membuka, kita tunggu dulu hasil musyawara cabang, kita lakukan konsolidasi, dan kita akan fight di 2024,” tegasnya.

Dijelaskan, Hari ini Partai Demokrasi akan memilih 11 ketua DPC kabupaten/kota se-Maluku, sehingga dirinya berharap bahwa hari ini mereka bisa menetapkan calon-calon yang akan memimpin partai besutan SBY ini ke depan.

“Tetapi mekanisme sekarang yang ada di partai Deemokrat, berbeda dengan lima tahun kemarin. Kalau kemarin muscab itu langsung menetapkan siapa menjadi ketua DPC tapi sekarang ini kalau sudah ditetapkan sebagai calon dalam muscab akan diusulkan ke DPP dalam hal ini akan ditentukan oleh tim lima yaitu lima orang diantaranya ketua umum, sekjen, kepala BPOKK, ketua DPD dan sekretaris DPD,” jelasnya.

Ditambahkannya, yang menentukan DPC nanti, bukan hasil dari pada musyawarah cabang itu, tapi semua calon yang terpilih akan menjalani fit and proper test oleh tim lima yang disiapkan DPP.

“Para kanidat itu dia akan all aut untuk bagimana dia bisa membawa partai ini lima tahu ke depan di Maluku untuk memenangkan semua konstetasi politik,”harapnya.

Roy berharap, setelah momentum pemilihan ketua DPC ini berakhir semua kader partai harus kembali bersatu dan solid untuk menguatkan konsolidasi demi merebut kemenangan di Maluku.

“Berbeda dalam politik itu biasa, berbeda pilihan ketua DPC itu biasa, tapi partai Demokrat di atas segala- galanya, mari bermusyawarah secara santun, perbedaan boleh ada tapi kita berikan yang terbaik untuk partai,” pintanya. (M-003)

Leave a Reply

Your email address will not be published.