KKT Maluku Siap Sukseskan MTQ Tingkat Promal 2022 - Mantik Berita

KKT Maluku Siap Sukseskan MTQ Tingkat Promal 2022

 188 views (dibaca)

mantik.id, AMBON– Sikap toleransi antar umat beragama diperlihatkan oleh
Pemerintah Kabupaten Kepulaua Tanimbar, berjuluk “Duan Lolat,” merupakan bukti sebuah sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila. Ini bisa terlihat dari kesiapan KKT Maluku. Dimana mengalokasikan dana sebanyak Rp 21 Miliar untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022. Besaran anggaran itu untuk memaksimalkan suksesnya pelaksanaan MTQ di Kota Saumlaki, sang Ibu Kota KKT, salah satu Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT), penghasil ikan itu.

Batlayery menjelaskan, Pemda, DPRD dan seluruh komponen didaerah itu siap menggelar MTQ yang dihelat 18 Maret 2022 mendatang.”Prinsipnya kita siap gelar MTQ. Sampai saat ini tidak ada kendala. Semua komponen masyarakat di KKT siap menyambut MTQ,”kata Ketua DPRD KKT, Jaflaun Batlayery dan Wakil Ketua DPRD KKT, Jidon Kelmanutu, kepada awak media di Ambon, Selasa (1/3/2022).

Batlayeri mengatakan, Pemerintah KKT berupaya agar pelaksanaan MTQ tersebut menjadi percontohan bagi MTQ di daerah ini.”Sebagai bentuk toleransi kita harus siapkan semua hal agar dapat memfasilitasi seluruh kepentingan penyelenggaraan, “ujar Batlayery.

Politisi Demokrat itu mengatakan, sejauh ini persiapan telah matang. Termasuk dengan penerapan prokes dan fasilitas pendukungnya.”Minggu ini, minggu terakhir pemda melakukan persiapan itu, ” katanya.

Ia menyebutkan, kepentingan pembiayaan yang begitu besar juga bertujuan mendorong kualitas MTQ hingga dapat melahirkan para juara-juara yang berkualitas.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ di Kabupaten KKT bukan soal tempatnya yang mayoritas beragama Kristen hingga menjadi sanjungan. Tetapi lebih dari itu, adalah implementasi kebhinekaan tunggal ika sebagai warga negara. Dan dalam ajaran agama apapun mengajarkan tentang tolernsi.”Jadi MTQ di KKT ini merupakan bentuk ke-Malukuan yang sejati dan kebihinekaan, ” tutur Batlayeri.

Batlayeri juga menyampaikan rasa bangganya atas KKT terpilih sebagai lokasi pelaksanaan MTQ tingkat provinsi. “Sebagai orang Tanimbar kami merasa bangga karena lewat LPTQ bisa mempercayakan Tanimbar sebagai tuan rumah. Tentu penetapan tempat ini sudah melalui berbagai penilaian, salah satu ukurannya adalah toleransi itu, ” tandasnya.

Kesempatan itu, Batlayeri menambahkan, dampak positif dari KKT sebagai tuan rumah MTQ itu adalah memacu pembangunan terutama rumah-rumah ibadah teristimewah Masjid dan Mushalla sebagai ciri khas keberagaman. Tentu pula menjadi modal pariwisata. “Ini membuktikan kepada bangsa dan dunia bahwa Tanimbar memiliki plularisme dan toleransi keagamaan yang tinggi, ” kunci Batlayeri.

Kelmanutu yang juga Wakil Ketua Bidang Sekretariat MTQ mengatakan, persiapan pelaksanaan MTQ ke XXIX tingkapt provinsi Maluku di KKT sudah siap hingga 90 persen.

Saat ini, sebut Kelmanutu, secara keseluruhan persiapannya sudah mencapai 90 perse., tinggal sedikit lagi persiapan.” Mohon doa dan dukungan, semuanya lancar tanpa ada kendala yang berarti,” bebernya.

Untuk akomodasi kafilah telah dipersiapkan panitia dengan baik. ada juga beberapa tempat yang pihaknya sediakan disana. Sesuai keputusan LPTQ tingkat provinsi Maluku untuk setiap kabupaten kota sebanyak 65 orang, bhakan fasiltas yang kami siapkan sekitar 700 orang.

Tidak hanya itu, tamu undangan lainya serta tamu VVIP sudah dipersiapkan dengan baik. Pihanya yakin pelakasanaan MTQ ke XXIX di KKT bakal terselenggara dengan sukses.

“Persiapan pemerintah daerah maupun panitia pelaksanan MTQ ke XXIX di Kabupaten KKT saat ini sudah mencapai 90 persen, semalam itu telah dilakukan gladi kotor dan kami pastikan tanggal 10 langsung gladi bersih”ujar politisi PDIP itu.

Ketika ditanya mengenai mayoritas masyarakat yang ada di bumi duan lolat itu beragama Kristen Protestan dan Katolik menanggapi hal itu, Kelmanutu mengatakan, masyarakat kabupaten kepulauan Tanimbar tidak membedakan Muslim, Kristen Potestan maupun Katolik .

Dia mengaku prinsipnya semua masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar sangat merespons pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX di sana.

Untuk diketahui Ketua umum MTQ ke XXIX wakill Bupati KKT, Ketua Harian yang juga ketua Klasis Rein Tupan, sekretaris umum, asisten II dan semua panitia pelaksana ini didominasi oleh saudara kita yang beragama Kristen Protestan dan Kristen Katolik.

“Selain itu untuk bidang-bidang yang khusus terkait dengan kegiatan perlombaan itu didominasi oleh basudara kita yang muslim karena mereka sangat paham soal itu. Kami juga ada yang terlibat kegiatan perlombaan,” tuturnya. (M-003)

Leave a Reply

Your email address will not be published.