Lonjakan Warga Berduyun-duyun Mulai Pindah ke Calon Ibu Kota Negara Baru - Mantik Berita

Lonjakan Warga Berduyun-duyun Mulai Pindah ke Calon Ibu Kota Negara Baru

 116 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Mengambil alih aset Indonesia mulai berjalan dengan adanya proses percepatan pindah ibu kota negara. DPR sedang mengejar targer waktu agar pada tgl 18 Januari 2022 UU Ibukota Negara (IKN) bisa disahkan oleh DPR.

Gagasan pemindahan ibu kota negara baru terus menyedot perhatian publik sejak terdengar tiga tahun lalu. Antusiasme pun ikut membahana di tengah-tengah masyarakat.

Seperti dilansir jpnn oktober yang lalu, masyarakat berduyun-duyun pindah ke calon ibu kota negara baru, yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sehingga ditemukan lonjakan penduduk.

Hal itu dibenarkan oleh data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menurut Kadis Dukcapil Suyanto ditemukan pertambahan penduduk sebanyak 3.695 jiwa di sepanjang 2021. Namun, sudahkah gagasan dan antusiasme masyarakat itu diperkokoh dengan dasar hukum?

Pasalnya, hukum mampu menangkal seluruh dampak negatif, seperti yang paling konkret, yaitu tindakan korupsi. Nyatanya, gagasan pemindahan ibu kota negara yang pertama kali dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2019 lebih dititikberatkan pada pengeksekusian rencana itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.