Malaysia Cegat Pesawat-Pesawat Militer China Melintasi Wilayahnya - Mantik Berita

Malaysia Cegat Pesawat-Pesawat Militer China Melintasi Wilayahnya

 146 views (dibaca)

mantik.id, Malaysia – 16 Pesawat militer China dilaporkan menerobos melintasi wilayah Malaysia di Pulau Kalimantan tepatnya di atas perairan yang disengketakan, Senin (31/5).

Angkatan Udara Malaysia segera mengerahkan jet tempur untuk mencegat 16 pesawat militer China tersebut di lepas pantai Negeri Jiran, dekat Laut China Selatan yang sama-sama diklaim oleh keduga negara tersebut.

Seorang pejabat militer di Malaysia memberikan keterangan bahwa pencegatan dilakukan karena 16 pesawat China itu bisa mengancam kedaulatan nasional negaranya, dikutip dari AFP.

“Insiden ini merupakan masalah serius dalam hal kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan, karena wilayah itu merupakan tempat yang sibuk untuk pesawat,” kata pejabat Malaysia, Selasa (1/6).

Awalnya angkatan udara Malaysia mencurigai aksi pesawat tempur militer China, dan mengaku sudah berusaha menghubungi namun pesawat-pesawat militer China tersebut terus mendekat hingga militer Malaysia langsung mengirim jet tempur untuk mencegat dan memantau belasan pesawat militer China tersebut.

Dikutip dari Reuters (2/6/2021)Kementerian luar negeri Malaysia mengatakan akan memanggil kedutaan China untuk menjelaskan “penyusupan” oleh 16 pesawat angkatan udara ke wilayah udaranya, setelah militer Malaysia mendeteksi aktivitas “mencurigakan” di Laut China Selatan.

Angkatan udara Malaysia mengatakan pihaknya mengerahkan jet pada hari Senin untuk melakukan konfirmasi visual setelah pesawat terbang dalam jarak 60 mil laut dari negara bagian Sarawak di Borneo Malaysia.

Ini menggambarkan insiden itu sebagai “ancaman serius terhadap kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan”.

Pesawat-pesawat China tidak menghubungi kontrol lalu lintas udara regional meskipun telah diinstruksikan beberapa kali, kata Pejabat angkatan udara Malaysia.

Menteri Luar Negeri Hishammuddin Hussein mengatakan Malaysia akan mengeluarkan nota protes diplomatik dan meminta duta besar China untuk Malaysia untuk menjelaskan “pelanggaran wilayah udara dan kedaulatan Malaysia”.

“Sikap Malaysia jelas – memiliki hubungan diplomatik yang bersahabat dengan negara mana pun tidak berarti bahwa kami akan berkompromi dengan keamanan nasional kami,” kata Hishammuddin dalam sebuah pernyataan.

Kedutaan China sebelumnya mengatakan pesawat-pesawat itu melakukan pelatihan penerbangan rutin dan “ditaati secara ketat” oleh hukum internasional tanpa melanggar wilayah udara negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.