Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dijatuhi hukuman lima tahun penjara - Mantik Berita

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dijatuhi hukuman lima tahun penjara

 114 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Albertus Usada Majelis menilai Edhy Prabowo Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan bersalah menerima suap sebesar USD77.000 atau sekitar Rp1,1 miliar dan Rp24,6 miliar dari para eksportir benih bening lobster (BBL).

“Menyatakan terdakwa Edhy Prabowo terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama,” kata Albertus Usada, dalam siaran langsung, Kamis (15/07/2021).

Edhy Prabowo dijatuhi hukuman lima tahun penjara dan denda sebesar Rp400 juta subsider 6 bulan kurungan dalam kasus suap ekspor benur. Hukuman tersebut sama dengan tuntutan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Edhy terbukti melakukan pasal 12 huruf a UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo pasal 65 ayat 1 KUHP.

Soesilo Aribowo salah satu penasihat hukum Edhy Prabowo, menyatakan merasa kecewa dengan vonis hakim.

“Pertama saya kami sedih, kecewa juga karena, terutama terkait pasal yang diputuskan oleh majelis. Pertama hal yang paling esensi adalah mengenai penerimaan uang senilai 77 ribu dolar AS itu pak Edhy sama sekali tidak tahu,” kata Soesilo.

Kembali ke persidangan Majelis Hakum menilai Edhy tidak memberikan teladan yang baik sebagai pejabat publik serta telah menggunakan hasil korupsinya, sedangkan yang meringakan putusan adalah Edhy dinilai sopan selama dalam persidangan, belum pernah ada kasus hukuman dan sebagian harta korupsi sudah disita.

Edhy dinyatakan melanggar Pasal 12 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Dalam putusan tersebut, baik Edhy maupun jaksa penuntut menyatakan masih pikir-pikir apakah akan mengajukan banding atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.