Mendag: Minyak Goreng Kemasan Mahal Disebabkan Invasi Rusia ke Ukraina - Mantik Berita

Mendag: Minyak Goreng Kemasan Mahal Disebabkan Invasi Rusia ke Ukraina

 182 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan dua negara yang sedang berperang yaitu Rusia dan Ukraina merupakan negara produsen minyak nabati yakni minyak biji matahari atau sunflower.

Namun, karena adanya konflik, pengguna minyak biji matahari beralih ke CPO. Akibatnya harga CPO meningkat karena tingginya permintaan.

Lutfi mengatakan dari akibat perang Rusia-Ukraina, permintaan minyak sawit mentah dunia atau CPO internasional menjadi tinggi dan dampaknya harga minyak kemasan menjadi mahal.

“Ada yang tanya kenapa kok harga minyak kemasan tinggi? Kita tahu bahwa invasi Rusia ke Ukraina sebabkan harga-harga barang tinggi,” kata lutfi kali ini saat di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis, (17/03/2022).

Karena minyak bunga matahari harus disubstitusi oleh minyak crude palm oil (CPO), menyebabkan harga internasional minyak CPO meningkat dari Rp14.600 pada awal Februari 2022 menjadi Rp18.000 hingga saat ini.



Disparitas yang tinggi antara ketersediaan minyak dengan harga internasional menyebabkan banyak oknum yang bertindak curang dengan menaikkan harga minyak secara sembarangan.

Ketidakseimbangan harga minyak dinilai memicu para oknum untuk berbuat curang dengan mengambil keuntungan dalam menjual minyak goreng secara menyimpang.

Misalnya, lanjut dia, seharusnya minyak kemasan atau curah didistribusikan untuk masyarakat, justru diambil oleh sektor industri.

“Berikutnya, yang mestinya minyaknya dipakai untuk di dalam negeri (malah) diselundupkan ke luar negeri. Rusak deh semuanya,” ungkap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.