Mensos Risma beberkan 31 Ribu PNS dapat Bansos - Mantik Berita

Mensos Risma beberkan 31 Ribu PNS dapat Bansos

mantik.id, Jakarta – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini membeberkan sebanyak 31.624 Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah, padahal seharusnya PNS tidak tidak boleh menerima bansos.

Data tersebut ditemukan ketika Kementerian Sosial melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Namun Risma menjelaskan kemungkinan terjadi perubahan status PNS yang dulunya belum bekerja sebagai PNS sekarang menjadi atau dierima menjadi PNS sehingga setelah sekarang sudah punya pekerjaan tetap, bantuan tetap berlanjut.

“Macam-macam tahunnya. Ada yang dulunya miskin dan masuk jadi PNS,”kata Mensos Risma saat konferensi pers pemadanan data di kantor Kemensos, Jakarta,Kamis (17/11/2021).

Risma menyebut PNS yang menerima bansos itu dari berbagai macam latar belakang, seperti tenaga pendidik, tenaga medis, dan lain-lain.

“Data itu kami sampaikan ke BKN. Kami scanning data kependudukan, ‘tolong dicek apa ini PNS atau bukan?’ ternyata betul PNS,” tutur Risma.

Atas hal itu, Risma akan mengembalikan datanya kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk ditindaklanjuti dan berharap daerah memberikan respon balik pada Kemensos.

Dan juga akan disetop bantuannya karena menurutnya mereka telah mendapatkan pendapatan rutin setiap bulannya.

“Nanti akan kita kembalikan data ini, saya berharap daerah memberikan respon balik pada kita,”ujar Risma.

Padahal, menurut Risma, ada aturan yang melarang PNS atau orang yang menerima pendapatan rutin dari pemerintah menerima bansos.

Leave a Reply


%d bloggers like this: