NASA Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Begini Langkah Gubernur Anis - Mantik Berita

NASA Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Begini Langkah Gubernur Anis

 72 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat alias NASA pada laman resminya menyebut, Jakarta dan pulau reklamasi menjadi salah satu kota pesisi yang terancam tenggelam. 

Hal ini merupakan sebuah peringatan yang dapat dijadikan prioritas dalam mengatasi permasalahan tersebut. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, prediksi Badan Antariksa Amerika (NASA) menjadikan prioritasnya agar Pemprov DKI memiliki beberapa solusi untuk mencegah terjadinya hal itu.

“Pertama, kita selalu menggunakan (kajian) ilmiah. Jadi mari gunakan bukti ilmiah dan prioritasnya sustainability and social justice,” kata Anies dalam diskusi virtual, Selasa (10/8).

Pemprov DKI melakukan kerja sama dengan Kementerian ESDM dan JICA dalam membangun sistem informasi Monitoring Air Tanah dan Subsiden (MONAS).

Sistem ini yang akan memonitor serta memberikan data perihal penurunan permukaan tanah di wilayah pesisir dan selatan Jakarta. Sehingga, penyelesaian dan antisipasi dapat segera dilakukan.

“Jadi ini dilakukan untuk memonitor cekungan air di wilayah Jakarta. Lalu sistem informasi ini memberikan data terbaru,” kata Anies.

“Untuk penyelesaiannya tidak harus mengandalkan pada pembangunan tanggul, karena itu bukan satu-satunya jurus ampuh,” sambung Anies.

Yang disampaikan Gubernur DKI ada dua hal yang diduga menjadi penyebab tenggelamnya Ibu Kota, yitu naiknya permukaan air laut dan menurunnya permukaan tanah.

Anies menilai, penghentian pulau reklamasi merupakan langkah yang tepat untuk menyikapi terjadinya penurunan permukaan tanah di Wilayah Jakarta. Itu berdasarkan hasil beberapa penelitian yang telah dilakukan.

“Jadi menjadi fakta yang harus membuat kita makin merasa yakin bahwa menghentikan atau tidak meneruskan kegiatan reklamasi adalah langkah yang sangat tepat untuk mengurangi dampak land subsidence,” ujarnya.

Langkah terakhir untuk mengatasi penurunan permukaan tanah dengan membatasi penyedotan air tanah. Keran akan dapat memperlambat penurunan tanggul air.

Pembatasan penyedotan air tanah dapat juga dilakukan dengan pendistribusian air ke seluruh daerah di Jakarta oleh PAM Jaya.

“Oleh karena itu kita mengurangi pemakaian air tanah di Jakarta dengan bangun kios air untuk membangun akses kepada warga agar mendapatakan air bersih. Disamping itu kita juga melakukan penindakan pada gedung-gedung yang menyedot air tanah secara sembarangan,” tandas Anies.

Leave a Reply

Your email address will not be published.