Pembukaan Sidang Ke-49 Jemaat GPM Rehoboth, Diawali Dengan Ibadah - Mantik Berita

Pembukaan Sidang Ke-49 Jemaat GPM Rehoboth, Diawali Dengan Ibadah

 232 views (dibaca)

mantik.id, AMBON – Gereja Protestan Maluku (GPM)Jemaat Rehoboth, Klasis Pulau Ambon melaksanakan Sidang Ke-49, yang diawali dengan Ibadah pembukaan.

Pendeta Bety Orno yang juga istri Wagub memimpin Ibadah Pembukaan Sidang Jemaat, bersamaan Minggu Sengsara Tuhan Yesus II. Pembacaan Alkitab terambil dari kitap Mazmur pasal 91 ayat 1 sampai 16.

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Natanhiel Orno, membuka secara resmi pelaksanaan sidang Jemaat Rehoboth ke-49 Klasis Pulau Ambon Tahun 2022, di Gedung Gereja Rehoboth, Minggu (6/3/2022).

Pembukaan sidang ditandai dengan pemukulan tifa oleh Wagub, didampingi Ketua Majalis Jemaat Rehoboth Pendeta Hanny Thenu, Sekretaris Klasis Pulau Ambon dan dihadiri majalis dan peserta sidang.
Sidang ke-49 ini berlangsung dengan mengambil tema, ” Beritakan Tahun Rahmat Tuhan Telah Datang dan Kerjakanlah Keselamatan,”event persidangan ini, menghadirkan 231 orang peserta biasa dan 168 orang peserta luar biasa.

Jemaat Rehobot terdiri dari 33 sektor dan 80 yunit pelayanan, dan berada pada wilayah pemerintahan Kecamatan Nusaniwe.
Sidang Jemaat adalah, lembaga pengambilan keputusan tertinggi di tingkat jemaat.

Dalam sambutan, Wagub menjelaskan tujuan persidangan adalah ingin menghasilkan keputusan sidang sebagai pewaris dan penerus nilai-nilai Injil agar memiliki ketahanan iman, IPTEK, sosio-ekonomi/budaya dan politik untuk mewujudkan tanggungjawab dalam kehidupan bergereja, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dengan demikian kegiatan persidangan ini harus benar-benar dimanfaatkan secara berkualitas.
Dikatakan kegiatan ini hendaknya jangan dijadikan ajang adu argumentasi, tetapi digunakan untuk memberi manfaat bagi gereja dan masyarakat,” jelas Wagub.

Sebagai pimpinan daerah, Wagub harap, Persidangan Jemaat Rehoboth dapat menghasilkan putusan-putusan yang dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan pelayanan di Jemaat Rehoboth tahun 2022.

Wagub berharap Persidangan Jemaat Rehoboth dapat menjaling hubungan dengan pemerintah daerah di tingkat provinsi, kecamatan dan kelurahan/desa, agar sinergitas membantu pemerintah daerah menyelesaikan masalah pembangunan kemasyarakatan.

“Pemerintah daerah tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari saudara-sodari sekalian. Karena itu, jadikanlah ajang persidangan jemaat ini berkualitas dan mampu menghasilkan berbagai program tahunan,” harap Wagub.

Sementara itu, ketua majalis jemaat GPM Rehoboth, Pendeta Hanny Thenu ingatkan beberapa hal penting terkait tugas pelayanan serta tanggungjawab yang patut dijalankan secara tepat dan benar.
Pelayan bertanggungjawab menjalankan tugas pembinaan warga gereja dan membangun persekutuan secara terpadu. Jika dilihat dalam perspektif Jemaat, maka sudah waktunya ada koordinasi yang kuat dan terus-menerus antara PHMJ, Majalis Jemaat, sektor dan unit.

Sidang Jemaat berinti menghasilkan program-program yang dapat dilaksanakan dalam tahun pelayanan ini, ingat Thenu.

Kata Thenu, gereja adalah bagian dari masyarakat yang akan terus berperan aktif mendorong tiap program pembangunan daerah dan masyarakat di kota maupun Provinsi Maluku. Membangun relasi jemaat dengan semua masyarakat dalam konteks jemaat, berbangsa serta bernegara akan terus ditingkatkan dalam sinergitas yang baik.

Thenu berharap, moment persidangan yang akan dilakukan secara bersama akan memberikan kontribusi bagi penataan dan pengembangan jemaat didaerah ini kedepan. Dan event ini pun harus memberi dampak bagi semua warga jemaat yang ada diwilaya pelayanan Jemaat Rehoboth, tutupnya. (M-003)

Leave a Reply

Your email address will not be published.