Pengamat Politik: Erick Thohir Dinilai Punya Kompetensi Meneruskan Jokowi - Mantik Berita

Pengamat Politik: Erick Thohir Dinilai Punya Kompetensi Meneruskan Jokowi

 1,121 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Dalam hasil survei yang dialakukan bulan 11-12 Februari 2022 bertajuk ‘Trust Terhadap Institusi Politik, Isu-isu Mutakhir, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu Serentak 2024’ tersebut, elektabilitasi Erick Thohir terekam mengalami tren kenaikan dan sampai memasuki bulan Mei 2022 namanya semakin mencuat dimata para pengamat politik.

Pengamat politik, Surokim Abdussalam, mengatakan, kepercayaan Presiden Jokowi kepada Menteri BUMN Erick Thohir menjadi barometer bahwa mantan presiden Inter Milan tersebut adalah figur yang mampu meneruskan kepemimpinannya pada 2024 mendatang. Menurut Surokim, Erick Thohir memiliki karakter yang memang layak untuk melanjutkan program-program Jokowi.

“Ya menurut saya layak, beliau (Erick Thohir) muda, humble, energik, visioner dan juga taktis,” kata Surokim.

Peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) ini melihat Jokowi sangat percaya dengan Erick Thohir. Bahkan, lanjut Surokim, sebelum menjabat sebagai menteri, Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini sudah dipercaya menangani event besar, seperti Asian Games pada 2018.

“Pak Erick Thohir dalam lingkaran kabinet dan pembantu Pak Jokowi termasuk yang bisa diandalkan selama ini dan terlibat dalam proyek-proyek strategis, dan menurut saya termasuk yang mendapat kepercayaan penuh dari presiden,” ujar Surokim.

Di lain pihak pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, disebut memiliki kapasitas sebagai seorang pemimpin negara. Erick Thohir memiliki rekam jejak yang apik di tengah masyarakat Indonesia.

“Soal kemampuan Erick Thohir menjadi presiden, dia bisa bersaing dengan calon yang muncul sekarang. Jadi kalau soal mampu, ya dia sangat mampu,” kata Ray di Jakarta dikutip dari m.medcom.id, Jumat, 20 Mei 2022.

Ray mengatakan salah satu nilai positif Erick Thohir adalah ketika diamanahkan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018. Ray mengatakan suksesnya Erick Thohir saat memegang event Asian Games tersebut membuat namanya banyak dibicarakan di peta perpolitikan Indonesia.

“Tentu salah satu yang fenomenal itu adalah suksesnya beliau (Erick Thohir) menangani event Asian Games kemarin. Di situlah nama beliau mulai berkibar,” jelas Ray.

Selain sukses menyelenggarakan Asian Games 2018, Ray juga mengatakan Erick Thohir dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Menurutnya perpaduan keberhasilan Erick Thohir tersebut membuat namanya banyak dikenal dan diapresiasi oleh public untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

“Dari situ saya sudah prediksikan bahwa beliau menjadi salah satu yang akan diperbincangkan dalam dunia politik Indonesia. Artinya itulah yang sekarang sudah terlihat bahwa beliau mulai populer, dilirik banyak orang dan berpotensi menjadi presiden atau calon wakil presiden,” ungkap Ray.

Leave a Reply

Your email address will not be published.