Pengamat Politik: Pertemuan KPU dan Cak Imin Tidak Pantas - Mantik Berita

Pengamat Politik: Pertemuan KPU dan Cak Imin Tidak Pantas

 236 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Pertemuan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan komisioner KPU dan Bawaslu menuai reaksi publik. Sebagian pihak menilai pertemuan itu tidak pantas dan dicurigai menyelipkan agenda penundaan Pemilu 2024.

Pertemuan Cak Imin dengan para Komisioner KPU-Bawaslu terpilih (Foto@cakiminow)

Pengamat politik, Ray Rangkuti menilai, pertemuan Ketum PKB dengan para penyelenggara Pemilu tersebut memalukan. “Mengapa? Tidak jelas alasan rasional dan etika yang mendasari pertemuan tersebut. Apa maksud, untuk apa dan bertujuan apa pertemuan tersebut,” kata Ray kepada wartawan, Senin, 14 Maret 2022.

Ray Rangkuti sebagai pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (Lima) menilai proses pemilihan Komisioner KPU-Bawaslu periode 2022-2027 juga menuai kritik masyarakat lantaran minim tranparansi. Pertemuan tersebut, dapat menambah timbunan kecurigaan publik terkait isu penundaan Pemilu 2024.

“Lagi pula, etika penyelenggara negara tidak begitu saja dapat bertemu dengan bakal calon peserta jika tidak atas kepentingan pelaksanaan pemilu sendiri,” jelasnya.

Reaksi yang sama datang dari Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ali Sera, yang menyatakan pertemuan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih untuk periode 2022-2027 tidak etis.

Menurut dia, “Pertemuan ini tidak etis, karena cuma bertemu dengan satu pimpinan. Semestinya dilakukan terbuka dan dihadiri oleh semua pimpinan DPR RI,” kata Mardani kepada wartawan, Senin (14/3).

Leave a Reply

Your email address will not be published.