Rapat DPR, Pemerintah, KPU dan Bawaslu Tetapkan Pemilu 2024 Digelar 14 Februari - Mantik Berita

Rapat DPR, Pemerintah, KPU dan Bawaslu Tetapkan Pemilu 2024 Digelar 14 Februari

 154 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Komisi II DPR RI bersama Pemerintah, KPU dan Bawaslu menggelar rapat untuk menetapkan jadwal Pemilu 2024 di Gedung DPR, Senin, 24 Januari.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia itu dihadiri Mendagri Tito Karnavian, Ketua KPU Ilham Saputra, dan Ketua Bawaslu Abhan.

Dalam rapat tersebut, semua pihak menyepakati hari pencoblosan Pemilu 2024 jatuh pada 14 Februari.

Ketua KPU Ilham Saputra ketika mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR menyampaikan usul alternatif tanggal pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari.

Menurut Ilham hal itu lantaran pesta demokrasi yang digelar pada 2024 ada dua, yakni pemilihan presiden, legislatif dan Pilkada serentak.

“Hari pemungutan suara direncanakan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Jadi 14 Februari ini Rabu, dan Rabu menjadi hari penyelenggaraan pemilu dari tahun ke tahun,” kata Ilham.

Adapun Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan pemerintah sepakat pemungutan suara Pemilihan Umum 2024 digelar pada 14 Februari.

Tito mengatakan jika pemilu diselenggarakan pada Februari, akan ada jarak waktu yang cukup menuju Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar pada November.

“Kami kira dari pemerintah sepakat 14 Februari, sehingga akan memberikan ruang dengan adanya pemilu dan pilkada serentak yang menurut UU Nomor 10 Tahun 2016 yang kita selenggarakan bulan November,” ujar Tito

Leave a Reply

Your email address will not be published.