Indonesia melalui Badan Inteljen Negara (BIN) gelar program vaksinasi pelajar SMP dan SMA serta vaksinasi Rumah ke Rumah - Mantik Berita

Indonesia melalui Badan Inteljen Negara (BIN) gelar program vaksinasi pelajar SMP dan SMA serta vaksinasi Rumah ke Rumah

 126 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Badan Intelijen Negara (BIN) turut mendukung program vaksinasi dari rumah ke rumah dengan mengikutsertakan tenaga medis dari BIN.

Program ini dilaksanakan dengan tujuan mencari dan mendeteksi masyarakat yang berkeinginan untuk segera mendapatkan vaksin tetapi terhambat jarak atau administrasi lainnya.

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan vaksinasi kepada para pelajar dan rumah ke rumah dilaksanakan di 14 provinsi,15 kabupaten/kota dan 32 titik di wilayah DKI Jakarta.

“Provinsi tersebut di antaranya DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Papua,” jelas Budi Gunawan saat menyampaikan laporannya kepada Presiden Joko Widodo secara virtual, pada Rabu.

Target vaksinsai dari rumah ke rumah dapat diperkirakan akan menjangkau 50 ribu orang yang terdiri dari 15 ribu pelajar SMP dan SMA dan untuk masyarakat 20 ribu.

“BIN sangat memberikan perhatian yang serius pada program vaksinasi khusus untuk anak-anak usia 12 hingga 18 tahun,” jelas Budi.

Budi juga berharap dengan metode vaksinasi rumah ke rumah yang juga dilakukan negara lain bisa meningkatkan partisipasi dan menjangkau keluarga yang belum memiliki akses vaksin.

“Tolong dicek agar guru, petugas-petugas sekolah jangan sampai ada yang terlewat vaksinasinya,” kata dia.

Sebelumnya, Indonesia menargetkan vaksinasi sebanyak 2 juta dosis per hari pada Juli ini menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Presiden Joko Widodo mendukung adanya program vaksinasi dari rumah ke rumah dengan mendatangi rumah warga yang ingin segera mendapatkan suntikan vaksin. Program vaksinasi dari rumah ke rumah dinilai bagus oleh Presiden karena dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

“Bagus. Door to door ini bagus artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali. Terima kasih juga untuk Ketua RT yang juga telah ikut berpartisipasi mendorong warganya agar ikut vaksinasi,” ucap Presiden saat berdialog dan meninjau acara vaksinasi untuk pelajar dan vaksinasi dari rumah ke rumah melalui konferensi video pada Rabu, 14 Juli 2021.

Sementara itu, Presiden Jokowi meminta agar pelaksanaan vaksinasi segera dipercepat sehingga bisa tercapai kekebalan komunal.

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga sempat meminta para menteri dan pejabat setingkat menteri untuk meningkatkan menjadi 5 juta dosis vaksin per hari pada Agustus mendatang.

Dengan demikian, dia berharap pada akhir tahun nanti 180 juta masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksin.

Hingga 14 Juli, Indonesia telah melakukan vaksinasi terhadap 62 juta masyarakat, 37 juta orang telah menjalankan vaksinasi dosis pertama sementara 15 juta lainnya telah menjalani vaksinasi dosis kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.