Vaksin Moderna untuk penyuntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di Indonesia - Mantik Berita

Vaksin Moderna untuk penyuntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di Indonesia

 142 views (dibaca)

mantik.id, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Pemerintah Indonesia akan memberikan suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga kepada 1,47 juta tenaga kesehatan, vaksin yang diberikan vaksin Moderna yang didatangkan dari Amerika Serikat.

“Vaksin Moderna rencananya akan datang pada hari Minggu dan minggu depan bisa dimulai (penyuntikan),” kata Budi melalui konferensi pers virtual, (09/07/21).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), sudah menyetujui rencana tersebut.

Suntikan dosis ketiga ini diharapkan dapat memberi perlindungan lebih bagi tenaga kesehatan yang menghadapi risiko tinggi di tengah lonjakan kasus saat ini, lanjut Budi.

“Vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada tenaga kesehatan karena setiap hari mereka bertemu virus yang tinggi sekali kadarnya,” ujar Budi.

Menurut Islamic Medical Center (IMS), terhitung sampai dengan tanggal 8 Juli 2021, total sudah ada 1183 nakes di Indonesia yang gugur akibat COVID-19. Hal ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah, untuk bisa mengambil langkah tepat bagi para nakes di Indonesia

Jumlah tenaga kesehatan yang meninggal melonjak tajam pada Juni-Juli 2021 seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) sebelumnya menyatakan tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19 cukup banyak meski telah mendapatkan vaksin dua kali.

Tenaga kesehatan sendiri merupakan kelompok prioritas penerima vaksin Sinovac ketika program vaksinasi Covid-19 dimulai di Indonesia sejak Januari 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.